Cari Tahu Mengapa Gigi Menguning Sebelum Melakukan Perawatan Estetik

Ada banyak hal yang membuat gigi menguning, bahkan gigi kuning adalah proses yang alami jika tak ada faktor luar yang menyebabkannya. Sesungguhnya kita tidak perlu merasa tidak percaya diri dengan gigi kita yang menguning.

Ada faktor-faktor alami yang menyebabkan gigi menguning, seperti usia dan genetik. Semakin tua usia kita maka gigi kita akan menguning secara alami. Genetik juga bermain peranan penting dalam menentukan warna gigi kita. Jika lapisan gigi enamel kita lebih tipis, makan lapisan dentin yang berwarna kuning akan lebih terlihat.

Selain itu ada kondisi tubuh yang menyebabkan gigi menguning seperti penyakit dan trauma. Warna gigi yang menguning bisa diakibatkan karena adanya demam saat masih bayi. Selain itu, penyakit kuning dapat mengakibatkan seseorang mengalami gigi kuning.

Trauma pada sekitar mulut dan gigi ketika masih anak-anak dapat menyebabkan gigi permanen mengalami kelainan ketika tumbuh. Sedangkan pada usia dewasa, trauma pada gigi dapat menyebabkan dikolorisasi. Kebiasaan seperti mengerat mulut di malam hari dan sikat gigi yang salah juga dapat merusak lapisan gigi email terluar sehingga lapisan dentin yang lebih kuning lebih terlihat.

Faktor-faktor luar yang menyebabkan gigi kuning meliputi hal-hal yang menjadi kebiasaan kita, seperti merokok, makanan berwarna, minum kopi teh dan beralkohol, serta mengunyah tembakau atau sirih. Sisa makanan yang tidak dibersihkan sehingga membentuk plak juga dapat membuat gigi terlihat kuning.

Bagi penderita penyakit tertentu yang menyebabkan seseorang mengkonsumsi medikasi secara rutin juga dapat menyebabkan gigi menguning.

Kita juga perlu menyadari bahwa rasa tidak percaya diri akan gigi berasal dari masalah gigi yang menggangu seperti bau mulut, rasa sakit pada gigi hingga kondisi gigi yang dirasa kurang estetik.

Oleh karena itu konsultasikan dengan dokter gigimu tentang keluhan yang kamu alami. Bisa jadi ada masalah lain yang lebih mendalam yang tidak kamu ketahui dan perlu segera ditangani.

Hindari melakukan perawatan estetik tanpa melakukan perawatan pendahulu seperti membersihkan karang gigi, mencabut sisa akar gigi, menambal lubang gigi hingga mengubah kebiasaan burukmu. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan sumber infeksi masalah gigimu, serta memastikan kebersihan gigi dan mulutmu terjaga.

Perawatan estetik seperti veneer dan bleaching yang membuat gigi terlihat putih dapat menyebabkan permasalahan jika tidak melakukan perawatan pendahulu untuk menghilangkan sumber infeksi.

Tidak merasa percaya diri dengan gigi kuning itu wajar saja. Namun itu tandanya kita harus melihat apakah ada masalah gigi yang harus kita atasi sebelum memutuskan untuk melakukan perawatan estetik.

Leave a Comment